y_key_524af0e9c22d174b.html
  • Welcome to my blog!

Assalamualaikum wr.wb Di dunia ini fenomena dan misteri tak ada henti-hentinya terus mengalir seperti air dan akan terus ada. Anda pasti akan bertanya-tanya kenapa, ada apa dan kapan peristiwa itu terjadi. Maka saya akan menjabarkan dalam blog ini dan akan terus saya update. Terima kasih atas kunjungan anda. Komentar anda akan bermanfaat bagi perbaikan saya. Sumber referensi: inilah.com Wassalamualaikum wr.wb

Add advertise here!

Your Ad Here

Kiat-kiat sukses menghasilkan uang dari internet ada disini

About Me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Janganlah berhenti untuk mencari teman NPM : 43A87006110184

Cari Tulis Disini

Rahasia Cicak Dapat Merayap
Diposting oleh Afvha Faisal


               Terpikirkah oleh anda semua bagaimana bisa cicak dapat merayap di tembok? atau di tempat yang datar maupun tegap? Seekor cicak tidak perlu susah-susah dalam merayap, asalkan tempat merayap itu kering, tidak lembab dan tidak basah. Karena bila basah mustahil cicak dapat merayap.

              Hewan pemakan nyamuk ini telah membuat penasaran para ilmuwan selama ini. Bagaimana kaki cicak dapat lengket ditembok dan sehingga bisa merayap.
Namun kali ini para ilmuwan melakukan studi baru dan berhasil memecahkan misteri mengapa cicak bisa menempel pada permukaan terhalus sekalipun. Studi ini dilakukan beberapa ilmuwan pada cicak yang masih hidup.


              Sang ilmuwan bernama Kellar Autumn yang saking penasarannya dengan hewan reptil yang satu ini. Peneliti labolatorium Lewis Clark College dan University of Washington, Amerika Serikat (AS), mulai menguji pegangan cicak guna mencari tahu bagaimana peningkatan kelembaban dapat membantu mereka berpegangan erat. Pertama tentu saja mencari cicak untuk diteliti. pencarian cicak ini tidak hanya seekor saja, namun hingga 20 yang terkumpul guna membandingkan tingkat kelembaban cicak satu dengan yang lain.

               Dalam penelitian, tim Kellar menemukan rambut berbentuk spatula mikroskopik (setae) yang menyelimuti seluruh kaki cicak, membantu reptil ini menempel pada permukaan apapun dengan mudah. Rambut ini bukanlah seperti rambut manusia, namun memiliki seperti akar-akar guna merekatkan kepermuakaan sehingga cicak dapat merayap dengan tenang tanpa takut terjatuh.

Dalam hal ini pun, rambut juga harus berganti bila pada masa pergantiannya, seperti ular yang pasti berganti kulitnya. Mengetahui cicak mengganti setae saat berganti bulu, Autumn bersama rekannya, Jonathan Puthoff serta Matt Wilkinson mengumpulkan bulu 'lengket' ini. Sudah lama Kellar memendam rasa penasaran ini.

                Setelah mereka dapat mengumpulkan beberapa bulu rambut pada cicak yang hampir tak terlihat mata ini, kemudian mereka memasangnya pada perangkat ujicoba mekanis (robotoe) yang dapat bergerak seperti cicak biasa. Robot ini sudah dipersiapkan sebelumnya. Tim ini kemudian menguji apakah jembatan air mikroskopik yang dibentuk dari kelembaban tinggi benar membantu cicak berpegangan. Mereka melakukan pengujian ini sangatlah teliti. Banyak rambut cicak yang dipasangkan yang dimaksudkan agar robot percobaan dapat benar-benar merayap sepeti cicak.

                  Saat mereka mengukur pelekatan dan gesekan setae yang telah ditempelkan pada robot cicak tadi, ternyata hasilnya sama pada kedua permukaan ini. Mengetahui setae terbuat dari keratin, dan keratin dilunakkan kelembaban tinggi, Autumn bertanya-tanya apakah setae lunak dapat meningkatkan kontak reptil pada permukaan dan meningkatkan pelekatannya.
Puthoff menemukan setae yang lebih lunak merupakan jawaban mengapa cicak dapat menempel. Setae lebih lunak ini membantu kaki cicak berpegangan dengan cepat dan bebas dengan mudah. Namun mereka tetap akan kembali menguji pada rambut-rambut cicak yang lain karena juga dimungkinkan berbeda.

Studi ini diterbitkan pada Journal of Experimental Biology edisi 15 Oktober 2010 kemarin.

Photo

Minggu, 24 Oktober 2010

di 1:17:00 AM


Label:

0 comment:

Mudah Berbisnis

Cara Mudah Mencari Uang

klik saya

free counters

Streaming Live Visitors

Followers

Like Facebook

My Favorite Blog

Buy and sell Text Links

Kotak Obrolan


ShoutMix chat widget
Powered By Blogger

Chitika